Selasa, 19 Juni 2012

Pembagian Kartu Kredit

Saat ini banyak orang yang memanfaatkan kartu kredit sebagai salah satu alat transaksi yang tergolong praktis, namun tak banyak juga orang yang mengetahui berapa banyak idealnya setiap keluarga atau individu memiliki kartu kredit. Tentunya jika tidak disiasati dengan baik maka konsekuensi terbesar dari kartu kredit itu sendiri adalah terjerat hutang.

Menurut para pakar kartu kredit, suatu keluarga atau individu idealnya dimiliki memiliki 2 sampai 3 kartu kredit, namun hal tersebut harus dikelola dengan bijak dan disiplin, tak hanya itu pengguna juga harus segera membayar lunas tagihan, tentunya jika dia berani memakai, dia juga harus berani membayar.

Jika anda memilih mempunyai 3 kartu kredit, kartu kredit tersebut dapat dibagi menjadi 3 kelompok pemakaian pengeluaran atau transaksi. Kelompok pertama adalah pengeluaran rutin, yaitu pengeluaran untuk pembayaran listrik, air, telepon, belanja bulanan, atau juga bahan bakar untuk kendaraan anda. Untuk kartu yang kedua dapat anda gunakan untuk kepentingan pribadi anda, seperti belanja barang barang pribadi anda, untuk hiburan, traveling, ataupun makan makan. Tentunya anda harus mempunyai dana lebih untuk kelompok ini, anda harus mengalokasikan dana khusus untuk ini, agar anda tidak keteteran dan terlilit hutang kartu kredit pada akhirnya.

Satu lagi kartu kredit lainya untuk back up, kartu ini khusus anda gunakan jika anda berpergian karena urusan pekerjaan, dengan begini urusan pekerjaan dengan urusan keluarga dan pribadi anda tidak akan tercampur. Keuangan anda pun dijamin akan terkendali dengan sendirinya. Inti dari pembagian kartu kredit tadi adalah menurut jenis penggunaanya dan pengeluaranya, anda harus bisa mengelolanya, karena jika anda meiliki kartu kredit lebih dari 1 kartu, akan membutuhkan perhatian lebih pada masing-masing kartu.

Ya semoga artikel ini dapat membantu anda dalam menggolongkan kartu kredit anda, berapapun kartu kredit anda, jika anda dapat mengelolanya dengan benar, maka anda pun akan mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar